Tips Mencari Pinjaman Dana Cepat untuk Memulai Usaha

Tips Mencari Pinjaman Dana Cepat untuk Memulai Usaha
Kekurangan modal usaha menjadi salah satu masalah yang sering dihadapi oleh para pebisnis pemula. Saat akan memulai sebuah bisnis, modal usaha adalah kebutuhan penting yang harus dipenuhi. Ide bisnis tidak dapat direalisasikan dengan maksimal jika kurang modal. Namun untuk mendapatkan modal usaha bukanlah hal yang sulit, banyak cara yang bisa dilakukan seperti pinjaman dana online, ataupun menjual aset yang Anda punya.  

Bagi Anda yang ingin memulai bisnis, minimnya modal usaha bukan berarti Anda harus menunda atau menghentikan impian Anda untuk berbisnis. Ada banyak cara dalam mengumpulkan modal usaha sebanyak yang Anda butuhkan. Jika Anda punya tekad yang kuat untuk berbisnis, maka akan ada solusinya.

Anda ingin membuka usaha atau bisnis baru? Apakah modal menjadi salah satu kendala Anda? Jika iya, Anda tidak perlu khawatir karena saat ini banyak cara cari pinjaman dana untuk modal usaha secara cepat dan mudah. Namun, sebelumnya pastikan dulu jenis usaha apa yang akan Anda jalankan. Berikut ini beberapa cara cari modal usaha dengan mudah dan cepat:

Pinjam ke Bank
Di bank, Anda dapat mengajukan dua jenis pinjaman untuk modal usaha. Pinjaman dana yang pertama yaitu pinjaman dengan agunan atau jaminan. Salah satu jenis pinjaman dengan jaminan yang dapat Anda gunakan sebagai modal usaha adalah Kredit Multi Guna.

Kredit jenis ini dapat digunakan untuk pembiayaan berbagai hal, termasuk usaha. Besaran bunga pada jenis pinjaman ini berkisar 9 hingga 12 persen. Lama masa pinjam dapat dipilih antara 5 hingga 20 tahun. Besaran pinjaman dana yang bisa didapat tergantung besarnya jaminan. Sedangkan besarnya bunga tergantung dari besarnya dana yang dipinjam dan tenor yang diambil.

Jenis pinjaman yang kedua yaitu Kredit Tanpa Agunan (KTA). Jenis pinjaman ini tidak membutuhkan jaminan atau agunan sehingga menjadi salah satu jenis pinjaman favorit para calon pengusaha yang sedang cari modal usaha. Karena pinjaman ini tidak membutuhkan jaminan, maka bunga yang diterapkan lebih tinggi dibanding jaminan yang menggunakan agunan. Kisaran bunga pada KTA yaitu 10 hingga 23%.

Menjual Aset
Cara mencari modal usaha berikutnya yang cukup mudah yaitu dengan menjual aset yang dimiliki. Anda dapat menjual aset berupa rumah, toko, kendaraan bermotor, emas atau instrumen investasi lainnya. Menjual aset untuk modal usaha tidak ada salahnya, apalagi jika usaha Anda berjalan lancar maka Anda dapat membeli aset berharga lagi di kemudian hari.

Menggadaikan Aset
Cara lain untuk cari modal usaha adalah dengan menggadaikan aset. Jika Anda belum rela menjual aset berharga milik Anda atau membutuhkan dana yang tidak terlalu besar maka Anda dapat menggunakan cara menggadaikan aset.

Besarnya dana yang didapat dari pegadaian tergantung nilai aset yang digadaikan. Semakin tinggi taksiran nilai barang maka akan semakin besar dana yang bisa dipinjam. tapi jangan lupa membayar dana pinjaman sebelum tanggal jatuh tempo agar aset berharga Anda tidak disita oleh pihak pegadaian.

Joint Venture
Joint Venture merupakan kegiatan membuka usaha bersama dengan beberapa rekan yang sevisi. Joint Venture memberikan kemudahan dari sisi pengumpulan modal karena modal dikumpulkan secara patungan atau gabungan. Di sisi lain tanggung jawab terhadap pekerjaan termasuk kerugian juga ditanggung secara bersama-sama. Soal keuntungan juga pasti dibagi sesuai proporsi secara bersama-sama.

Mengingat joint venture juga riskan terhadap perselisihan di kemudian hari, maka sebelum melaksanakan joint venture sebaiknya dilakukan perjanjian kerja sama yang disepakati oleh semua pihak yang terlibat.

Modal dari Konsumen
Bagi Anda yang berkecimpung dalam dunia jual beli, Anda dapat menggunakan modal yang berasal dari konsumen. Anda bisa membuka usaha jasa titip beli dan mengumpulkan dana dari para konsumen yang hendak titip beli barang pada Anda. 

Usaha titip beli ini cukup ramai dan pesat akhir-akhir ini mengingat banyak orang yang sangat sibuk sehingga tidak sempat pergi berbelanja. Jasa titip beli ini bahkan mencakup barang-barang yang tergolong besar dan berat seperti furnitur dan elektronik.

Sponsor dari Website
Jika Anda memiliki website yang ber-traffic tinggi maka Anda dapat memanfaatkan kolom iklan yang ada di website Anda. Anda bisa mendapatkan iklan dengan mendaftarkan diri di Google Adsense maupun membuka lowongan iklan mandiri.

Pendapatan yang didapat dari iklan berbayar ini bisa menjadi tambahan modal bagi usaha Anda. Semakin banyak iklan yang Anda tampilkan tentu pendapatan Anda juga semakin besar, namun usahakan website Anda tetap ramah pada pengguna, enak dibaca, dan tidak terlalu penuh oleh iklan.

Pinjaman Online
Belakangan ini, banyak masyarakat yang memilih mengajukan pinjaman melalui pinjaman dana online dibandingkan meminjam ke bank. Hal ini dikarenakan proses pengajuan pinjaman ke bank yang terlalu bertele – tele dan ribet, selain itu prosesnya juga memakan waktu cukup lama. 

Pinjaman dana online saat ini sudah semakin popular. Salah satu marketplace yang aman dan terpercaya karena sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan diawasi oleh Bank Indonesia (BI) yaitu, CekAja.com. Kunjungi link https://www.cekaja.com/kredit/ untuk mendapatkan informasi lengkap tentang CekAja.com.

1 comment

Posting Komentar

 

Copyright © Hardan Sharing | Powered by Blogger | Template by 54BLOGGER | Fixed by Free Blogger Templates