Tips Desain Spanduk untuk Hasil Terbaik

Tips Desain Spanduk untuk Hasil Terbaik

Spanduk adalah bentuk iklan yang tidak hanya dapat kamu publikasikan setelah dicetak, bahkan hasil desain yang sama dapat kamu distribusikan juga secara online. Tidak ada kerugian untuk mendesain spanduk dengan keren, menarik perhatian, dan memberi informasi yang mendorong pembaca untuk mengetahui informasi dalam iklan. Hanya saja banyak orang yang menyebutkan bahwa desain spanduk ini memakan waktu yang lama untuk dikerjakan. 

Jadi banyak juga penyedia jasa desain spanduk menjadi menumpuk pekerjaannya. Itulah mengapa kamu harus juga bisa mendesain sendiri spanduk. Selain bisa memudahkan kebutuhan spanduk untuk acara yang kamu butuhkan, membuat spanduk juga dapat mendatangkan keuntungan material. Jadi cobalah pelajari 5 hal yang penting untuk diperhatikan ini, akhirnya spanduk yang kamu desain pun tidak akan kalah dengan desain dari tenaga profesional.

Pilih Perpaduan Warna yang Bagus
Hal pertama yang penting untuk kamu perhatikan dalam mendesain spanduk adalah warna. Warna adalah aspek terpenting dalam suatu desain. Seperti diketahui ada sangat banyak jenis warna di dunia yang dapat kamu gunakan untuk desain spanduk. 

Penting untuk kamu ketahui warna mana yang baik berpadu dengan warna tertentu, sehingga hasil spanduk saat dicetak nyaman untuk dipandang. Mulai pilih dari warna dasar spanduk, lalu pilih warna huruf, dan warna untuk beberapa elemen desain lain yang dibutuhkan. Hanya perlu 3 warna dominan untuk desain yang menarik.

Pilih Bentuk Huruf yang Unik dan Menarik
Selanjutnya, hal penting lain yang harus kamu perhatikan dalam mendesain spanduk adalah bentuk hurufnya. Ada sangat banyak desain huruf yang dikenal dengan nama typography. Kamu dapat memilih bentuk huruf seperti apa yang ingin kamu gunakan untuk mendesain. Lebih baik kamu menghindari jenis huruf yang sudah mainstream. 

Namun jangan juga memilih bentuk huruf yang terlalu rumit hingga tidak terpercaya. Pilih huruf yang paling menarik bentuknya, namun yang paling mudah juga untuk dibaca. Karena fokusnya memang huruf digunakan untuk dapat dibaca.

Pilih Ukuran Huruf yang Ideal untuk Dibaca
Selain memilih bentuk huruf yang tepat, penting juga untuk kamu ketahui apa ukuran huruf yang ideal dalam suatu desain. Huruf yang mudah dibaca memiliki standar ukuran dalam suatu spanduk. Pastikan menggunakan ukuran huruf paling kecil adalah 30 pt dalam suatu spanduk berukuran besar. Lebih kecil dari itu biasanya akan membuat huruf tidak dapat terbaca. Perhatikan juga perbandingan antara ukuran huruf judul, sub judul, dan informasi. Pastikan bahwa semua huruf memiliki ukuran yang proporsional. Tidak ada yang terlalu besar sendiri, dan terlalu kecil sendiri.

Pilih Teknik Desain yang Mendukung
Teknik desain walau hanya yang mendasar penting untuk kamu ketahui. Gunakan berbagai teknik desain untuk membuat hasil desain tidak terlalu kaku nantinya. Beberapa teknik yang sederhana dan dapat dicoba oleh pemula adalah teknik memberikan bayangan (drop shadow) pada objek gambar dan huruf. 

Kamu juga dapat mencoba menggunakan teknik mengubah transparansi dari beberapa objek untuk menyeimbangkan desain. Jika kamu ingin lebih mahir lagi dalam menggunakan teknik desain, maka cobalah mempelajari beberapa tekniknya terlebih dahulu untuk membuat desain spanduk kamu lebih profesional.

Pilih Elemen Desain Berupa Gambar yang Sesuai
Selain pemilihan warna dan huruf yang tepat, desain spanduk pun dapat kamu tambahkan gambar. Namun pemilihan elemen gambar ini tidak bisa kamu lakukan sembarangan. Harus ada pertimbangan khusus mengapa gambar tersebut dipilih. 

Apakah gambar tersebut memang sesuai dengan konsep desain dan warna yang digunakan? Pilih yang paling sesuai konsepnya dan warna yang paling cocok untuk digabungkan dengan desain yang ada. Jadi cobalah cari beberapa gambar yang berbeda sebelum menentukan yang mana gambar yang paling tepat untuk digunakan.

Posting Komentar

 

Copyright © Hardan Sharing | Powered by Blogger | Template by 54BLOGGER | Fixed by Free Blogger Templates